PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH

Main Author: DYAN DINANTY, 125060093
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12797/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12797/3/13.%20Abstrak%20English.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12797/2/7.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12797/4/BAB%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12797/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12797/6/10..%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12797/
Daftar Isi:
  • Kurang berhasilnya siswa dalam pelajaran IPS pada Sekolah Dasar telah lama menjadi bahan keluhan/pemikiran para guru Sekolah Dasar. Pada umumnya siswa menunjukkan kurang gairah ,kurang bersemangat dan kurang siap dalam mengikuti pembelajaran ,sehingga suasana yang aktif,interaksi guru dan siswa sangat kurang apalagi antara siswa dan siswa. Siswa cenderung pasif,hanya menerima saja apa yang diberikan oleh guru. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) permasalahan ini dicoba untuk diubah dengan menggunakan Model Pembelajaraan Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) ,dengan tujuan : Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Penggunaan model Team Games Tournament siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas menjadi lebih bersemangat,hasil belajar siswa meningkat,sehingga semua materi pembelajaran yang disampaikan guru kepada siswa bisa diserap oleh siswa dengan sempurna. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui 2 Siklus perbaikan pembelajaran, subjek penerima tindakan kelas adalah siswa kelas V semester II tahun 2015/2016 SD Negeri Tilil 4 Bandung. Data yang dikumpulkan melalui hasil evaluasi catatan observasi. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata siswa selama proses perbaikan dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Presentasi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) selama perbaikan pembelajar a n juga mengalami peningkatan, yang mula-mula pada siklus I yang hanya 66% dan pada siklus II menjadi 100% ketuntasannya. Dari hasil pelaksanaan PTK ,siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N Tilil 4 Bandung pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Melawan Penjajah. Kata Kunci : Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dan hasil belaja