MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)
Main Author: | RIFAL GUSTIAN, 125060171 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12785/1/1.%20Judul%20Skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/2/7.%20Abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/3/7.%20Abstract.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/4/13.%20BAB%201%20Pendahuluan.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/5/14.%20BAB%20II%20Kajian%20Teori.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/ |
ctrlnum |
12785 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12785/</relation><title>MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA 
MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) 
PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam 
di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 
Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)</title><creator>RIFAL GUSTIAN, 125060171</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini pada bidang studi Ilmu Pengetahuan 
Sosial (
IPS
)
di kelas IV SDN Pasirmulya 1 Kabupaten Bandung pada materi 
kenampakan alam
dengan menggunakan model 
Numbered Heads Together 
(
NHT). Penelit
ian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar 
siswa pada pembelajaran IPS 
kelas IV 
pada mate
r
i 
kenampakan alam
. Penelitian 
Tinda
kan Kelas ini berlangsung dalam 2
siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap 
siklus terdiri dari beberapa tahap
an yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan 
analisis serta refleksi. 
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan 
motivasi dan hasil 
belajar
pada setiap siklusnya, jika di lihat dari 
motivasi
pada siklus I dari jumlah 
siswa 
35 hanya 15 siswa atau 4
3% yang termotivasi dalam belajar, kemudian 
siklus II terjadi peningkatan 29 siswa atau 83% yang termotivasi dalam belajar. 
Sedangkan hasil penelitian di lihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dari 
jumlah siswa 35, siswa yang mencapai KKM sebanyak 24
siswa atau 69% 
sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, siswa yang mencapai KKM 
sebanyak 29 siswa atau 83%. Selain di lihat dari peningkatan motivasi dan hasil 
belajar, dapat di lihat berdasarkan peningkatan hasil observasi yang meliputi 
aspek psikom
otor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan memiliki 
kategori baik.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan 
model pembelajaran 
Numbered Heads Together 
(
NHT) dapat meningkatkan 
motivasi dan hasil belajar 
siswa 
pada pembel
ajaran IPS. 
Kata k
unci: 
motivasi, hasil belajar dan model 
Numbered Heads 
Together 
(
NHT).</description><date>2016-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12785/1/1.%20Judul%20Skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12785/2/7.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12785/3/7.%20Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12785/4/13.%20BAB%201%20Pendahuluan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12785/5/14.%20BAB%20II%20Kajian%20Teori.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12785/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> RIFAL GUSTIAN, 125060171 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12785</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIFAL GUSTIAN, 125060171 |
title |
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam
di Kelas IV SDN Pasirmulya 1
Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/12785/1/1.%20Judul%20Skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/2/7.%20Abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/3/7.%20Abstract.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/4/13.%20BAB%201%20Pendahuluan.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/5/14.%20BAB%20II%20Kajian%20Teori.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12785/ |
contents |
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini pada bidang studi Ilmu Pengetahuan
Sosial (
IPS
)
di kelas IV SDN Pasirmulya 1 Kabupaten Bandung pada materi
kenampakan alam
dengan menggunakan model
Numbered Heads Together
(
NHT). Penelit
ian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS
kelas IV
pada mate
r
i
kenampakan alam
. Penelitian
Tinda
kan Kelas ini berlangsung dalam 2
siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap
siklus terdiri dari beberapa tahap
an yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
analisis serta refleksi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan
motivasi dan hasil
belajar
pada setiap siklusnya, jika di lihat dari
motivasi
pada siklus I dari jumlah
siswa
35 hanya 15 siswa atau 4
3% yang termotivasi dalam belajar, kemudian
siklus II terjadi peningkatan 29 siswa atau 83% yang termotivasi dalam belajar.
Sedangkan hasil penelitian di lihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dari
jumlah siswa 35, siswa yang mencapai KKM sebanyak 24
siswa atau 69%
sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, siswa yang mencapai KKM
sebanyak 29 siswa atau 83%. Selain di lihat dari peningkatan motivasi dan hasil
belajar, dapat di lihat berdasarkan peningkatan hasil observasi yang meliputi
aspek psikom
otor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan memiliki
kategori baik.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran
Numbered Heads Together
(
NHT) dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar
siswa
pada pembel
ajaran IPS.
Kata k
unci:
motivasi, hasil belajar dan model
Numbered Heads
Together
(
NHT). |
id |
IOS3183.12785 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:20Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044896960970752 |
score |
17.538404 |