PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS D AN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MEMBACA DAN MENGGAMBAR PETA
Main Author: | MOCH NUR ARISMANSYAH, 125060281 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12776/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12776/2/ABSTRAK%20Bahasa%20Indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12776/3/ABSTRAK%20Bahasa%20Inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12776/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12776/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12776/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12776/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menggun akan model project based learning dalam pembelajaran IPS pokok bahasan membaca dan menggambar peta . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN Cipedes 1 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kreativitasnya di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan m etode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model project based learning . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran project based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu penentuan pertanyaan mendasar, penyusunan perencanaan proyek, menyusun ja dwal, evaluasi pengalaman, menguji hasil, monitoring. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian kreativitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pem belajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kreativitas dan hasil tes belajar. Pada penilaian kreativita s nilai rata - rata siklus I yaitu 67,93 sedangkan siklus II mencapai nilai rata - rata 78,28 . Hasil belajar siklus I presentasenya adalah 52,17 % , dan hasil belajar siklus II presentasenya mencapai 82,60 % . Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model project based learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan membaca dan menggambar peta pada kelas I V SDN Cipedes 1 . Dengan demikia n, penggunaan model project based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : project based learning , kreativitas , hasil belajar .