PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN RASA INGIN TAHU SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema bersyukur atas keberagaman di Kelas IV SDN ASMI Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Main Author: DEDEN LUCKYANTO, 125060112
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12762/1/1.COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12762/2/6%20abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12762/3/7%20abstrak%20english.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12762/5/2.BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12762/6/3%20BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12762/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12762/
Daftar Isi:
  • ix PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN RASA INGIN TAHU SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema bersyukur atas keberagaman di Kelas IV SDN ASMI Bandung Tahun Ajaran 2016/2017) Oleh DEDEN LUCKYANTO 125060112 ABSTRAK Penelitian yang berjudul penerapan model Problem Based Learning untuk menumbuhkan sikap percaya diri dan rasa ingin tahu serta meningkatkan hasil belaja, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya sikap percaya diri dan rasa ingin tahu serta hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh gur u yang masih mengg unakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukka n adanya peningkatan sikap yaitu percaya diri siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 91% sedangkan rasa ingin tahu siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 92%, serta hasil belajar peserta didik juga meningkat seiring dengan berjalannya pertemuan. Ke simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan rasa ingin tahu serta hasil belajar peserta didik pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema bersyukur atas keberagaman di Kelas IV SDN ASMI Bandung. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakn model Problem Based Learning . Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajar an untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci: Problem Based Learning, percaya diri, rasa ingin tahu, hasil belajar.