PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN TELITI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun dengan Teman Bermain Kelas II SDN Halimun Kec. Lengkong Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa percaya diri dan teliti siswa karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran , rata - rata hasil belajar siswa subtema hidup rukun dengan teman bermain belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, teliti dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema hidup rukun di kelas II SDN Halimun Kota Bandun g. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat menumbuhkan rasa percaya diri, teliti dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada subtema hidup rukun dengan teman bermain. Dengan demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar menumbuhkan rasa percaya diri, teliti dan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, Teliti, Hasil Belajar.