PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUKTURAL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BAKTERI
Daftar Isi:
- Penelitian i ni dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas x SMAN 17 Bandung terhadap konsep bakteri yang disebabkan antara lain oleh penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adan ya peningkatan hasil belajar siswa pada konsep bakteri setelah melakukan pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share. Metode yang digunakan selama penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMAN 17 Bandung. Hasil penelitian menunjukan nila i rata - rata pretest adalah sebesar 40,8 dan skor te rendah 20 dan skor tertinggi 60. Sedangkan nilai rata - rata posttest sebesar 80,1 Dengan skor terendah 60 dan skor tertinggi sebesar 90. Indeks nilai N - Gain dari hasil pretest dan posttest sebesar 11,3 ter masuk pada kategori tinggi, sedangkan hasil uji t 0,01 menunjukan t hitung = 2,76 Yang lebih besar dari pada t tabel(0,01) = 31,10 pada taraf signifikan 1% atau α = 0,01 maka terdapat perbedaan sangat signifikan. Perolehan data mengenai hasil belajar tersebut terlihat pada konsep bakteri yang merupakan hasil dari penggunaan pembelajaran Think Pair Share. Kata kunci: Pembelajaran Think Pair Share, Hasil belajar siswa, Konsep Bakteri