PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembangan Teknologi, Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi di Kelas III Semester I SDN Asmi Bandung)

Main Author: RENDI PRASTIO, 125060104
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12751/1/1.%20Cover%20Skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12751/3/7.%20Abstrak%20Indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12751/4/8.%20Abstrak%20Inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12751/5/13.%20Bab%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12751/7/14.%20Bab%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12751/8/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12751/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berisi tentang penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi subtema perkembangan teknologi komunikasi di kelas III SDN Asmi dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian, terdapat beberapa m asalah pada proses pembelajaran, di antaranya yaitu dalam proses pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri siswa , kemudian pembelaj aran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, akibatnya hasil belajar peserta didik menurun. Ha l ini dibuktikan oleh hasil pretes dan postest siswa siklus I dengan ketu ntasan 3 8,2 %. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) . Penelitian ini me nggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan lembar tes. Perencanaan dengan menggunakan model pembe lajaran Problem Based Learning (PBL) ini menekankan pada peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. P enelitian ini menunjukan hasil yeng memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dari pemahaman peserta didik terhadap materi. Hasil postes dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I I dengan persentase 88,23%, rasa percaya diri siswa dengan persentase 91,75 % . Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) da pat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi subtema perkembangan teknologi komunikasi . Kata K unci: Problem Based Learning (PBL) , Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa .