PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KAIDAH TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA ISTILAH TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Pembelajaran mengidentifikasi berkaitan dengan keterampilan membaca. Salah satunya yaitu mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri, yang menekankan pada konsep untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menemukan dan memecahkan masalah. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis de-ngan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mengidentfikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri secara tepat? dan (3) Efektifkah metode inkuiri diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung; (2) Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mampu mengidentfikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri secara tepat; dan (3) Metode inkuiri efektif diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,75 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mampu mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,24 dan nilai rata-rata postes sebesar 2,84. Peningkatannya sebesar 1,6. c. Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung vi sebesar 16,4 , ttabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 23. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi kaidah teks ekposisi, dan Metode inkuiri.