PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP PROTISTA KELAS X DI SMA PASUNDAN 7 BANDUN

Main Author: CINDY FEBRIANI, 125040115
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12748/1/1%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12748/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12748/3/ABSTRACT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12748/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12748/5/BAB%20II%20.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12748/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12748/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara di salah satu di salah satu SM A Swasta di Kota Bandung yang menunjukan hasi l belajar siswa pada mata pelajaran ipa - biologi tergolong rendah dengan salah satu faktor metode pembelajaran yang digunakan pada saat KBM membuat siswa jenuh dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah peningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pad a materi pokok protista . Metode yang digunakan adalah metode eksperimen ( Pre - Eksperimental Design ). Desain penelitiannya adalah One - Group Pretest - Posttest Design . Subjek dari penelit ian ini adalah siswa kelas X MIPA d i salah satu SMA PASUNDAN 7 Bandung pada s emester ganjil tahun ajaran 201 6 - 201 7 , yaitu kelas X MIPA yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah hasil bel ajar siswa yaitu ranah kognitif . Instrumennya berupa 20 soal pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan instrumen non - tes yang mengukur ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata pretest sebesar 34 dan rata - rata pottest sebesar 87 . Setelah dilakukan pen elitian pretest dan posttest p eneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh d engan hasil uji t signifikan, karena z hitung > z tabel sebesar 17,07 > 1, 99 . Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signi fikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran Discovery Learning dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunaka n metode pembelajaran Discovery Learning Sedangkan, pada ranah afektif dan psikomotor d iperoleh data rata - rata siswa memenuhi kriteria baik. Maka dapat dikatakan penggunaan metode p embelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPA pad a materi pokok protista dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata K unci : Hasil Belajar, LKS, Discover y Learning , P rotista .