PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Kelas IV A Semester Satu SDN Halimun Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)
Main Author: | HASNI FARIDA RAHMAN, 125060137 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12734/1/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/12734/2/abstrak%20indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12734/3/Abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12734/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12734/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12734/6/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12734/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapatmemberikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya model PBL tipe NHT.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL tipe NHT pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digun akan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan su bjek siswa kelas I V A dengan menggunakan model PBL tipe NHT menghasilkan peningkatan kerjasama belajar dari s etiap siklusnya.Siklus I sebesar 69 % , dan siklus II sebesar 9 2 %. Nilai rata - rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 7 3 ( baik ), siklus II sebesar 80 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 80 % , dan siklus II sebesar 9 2 %. Nilai rata - rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 74 (baik), siklus II sebesar 7 7 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL tipe NHT dapat menin gkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Kerjasama , Hasil belajar, Model PBL , tipe NHT