PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP, KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF

Main Author: Annisa Salamah, NPM. 148060016
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12730/1/Artikel%20annisa.docx
http://repository.unpas.ac.id/12730/
Daftar Isi:
  • Penelitan ini bermaksud untuk menganalisis meningkatnya kemampuan pemahaman konsep, kompetensi strategis serta dampaknya terhadap disposisi produktif siswa SMA dengan pembelajaran konflik kognitif. Penelitian ini adalah penelitian mix methods tipe embedded design di SMA Yadika Subang, yang melibatkan 22 siswa kelas dengan pembelajaran konflik kognitif sebagai kelas experiment dan 20 siswa kelas konvensional sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan kompetensi strategis serta skala disposisi produktif siswa. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji ANOVA dua jalur dan Uji korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan dilihat dari kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah); (2) peningkatan kemampuan kompetensi strategiss siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif dengan lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal (tinggi,sedang, rendah ); (3) disposisi produktif siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif tidak lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional; (4) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan disposisi produktif, tidak terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dengan kompetensi strategis dan kemampuan kompetensi strategis dengan disposisi produktif. Kata Kunci: Konflik Kognitif, Kemampuan pemahaman konsep dan kompetensi strategis, dan disposisi produktif siswa SMA.