PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Cihambulu 1 Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016-2017)

Main Author: NURUL FITRI ANGGRAENI, 125060259
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12704/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12704/2/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12704/3/ABSTRACT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12704/4/BAB%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12704/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12704/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12704/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas I V SDN Cihambulu 1 Kabupaten Subang yang menunjukan kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif da n hasil belajar yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I V SDN Cihambulu 1 Kabupaten Subang dalam pembelajaran IPA pada materi rangka . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tinda kan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I V SDN Cihambulu 1 Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016 - 2017 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus te rdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan angket . Hasil penelitian men un jukan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkat an hasil observasi aktivi tas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,75% siklus II dan sebesar 9 2,5%. Adapun peningkatan hasil b elajar siswa pada siklus I mencapai persentase seb esar 59,37 % dan siklus II sebesar 90,62 % . Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I V SDN Cihambulu 1 Kabupaten Subang dalam pembelajaran IPA pada materi rangka , sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pemb elajaran IPA dan dapat di sarankan kepada guru untuk menggunakan model Numbered Head Together karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Numbered Head Together , Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Rangka.