PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN INQUIRY PADA KONSEP SISTEM GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penggunaan L embar Kerja Siswa Berbasis Open Inquiry Pada Konsep Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Dibawah bimbingan: Prof. Dr. H.Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd dan Cita Tresnawati, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA dengan me nggunakan LKS berbasis open inquiry pada praktikum struktur tulang. Metode yang digunakan adalah metode Pre - Experimental dengan desaian one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 20 siswa disalah satu SMA swasta di kota Bandung. Hasil analisis menggunakan uji t didapatkan hasil t hitung 15,51 sedangkan t tabel 2,71 Gain yang didapatkan sebesar 0,49 yang berarti peningkatan denagn kategori sedang. Rata - rata nilai sikap (afektif) sebesar 83,53 hal ini menunjukan bahwa sikap siswa selama pengunaan LKS berbasis open inquiry sangat baik. Nilai rata - rata keterampilan (psikomotor) siswa yaitu 76,45 termasuk dalam katego ri baik, artinya siswa terampil dalam melakukan praktikummenggunakan LKS berbasis open inquiry . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan LKS berbasis Open inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar, sikap dan kerampilan siswa kelas XI pada pr aktikum struktur tulang. Kata kunci : Hasil belajar, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis open inquiry , sikap siswa (afektif), Keterampilan siswa (psikomotor) .