PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Diane Ratna Sari, 1250301 56 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12673/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12673/2/7.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12673/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/12673/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12673/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12673/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12673/ |
Daftar Isi:
- Dalam penulisan skripsi ini penulis mengajukan r um usan masalah (1) m am - pukah penulis melaks a nakan pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model cooperative integ - rated reading and com position pada siswa kelas X I SMA N 18 Ban dung? ; (2) m ampukah siswa kelas X I SMAN 18 Bandung melakukan pembelajaran mem - bandingkan teks cerita pendek dengan teks eksplanasi kompleks menggunakan m odel cooperative integrated reading and composition ? ; (3) e fektifkah mode l co - operative integrated reading and composition diterapkan dalam pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks eks planasi kompleks pada siswa kelas X I SMA Negeri 18 Bandung ? Penenelitian ini bertu juan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepat an model cooperative integra - ted reading and composition dalam pem belajaran me mbandingkan teks cerita pendek dengan teks eksplanasi kompleks menggunakan m ode l cooperative integ - rated reading and composition pada siswa kelas X I SM AN 18 Ba ndung . Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) p enulis mampu melaksanakan pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks eksplanasi kom - pleks menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas X I SMAN 18 Bandung ; (2) s iswa kelas X I SMA N 18 Bandung mam - pu mengikuti pembelajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks eks - planasi kompleks dalam bentuk tulisan berdasarkan struktur kedua teks ; (3) m odel cooperative integrated reading and composition efektif digunakan dalam pembe - lajaran membandingkan teks cerita pendek dengan teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas X I SMA N 18 Bandung. M etode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah me - tode penelitian one group pretest - posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran me mbanding - kan teks cerita pendek dengan teks eks planasi kompleks menggunakan m ode l c ooperative integrated reading and composition pada siswa kelas X I MIPA 4 SM AN 18 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3, 8 6 . Ke mampuan penulis termasuk ke d a - lam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas X I MIPA 4 SMA N 18 B andung mampu me mbandingkan teks ceri - ta pendek dengan teks eksplanasi kompleks menggunakan m ode l cooperative integrated reading and composition . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretes yaitu 0,91 , sedangkan nilai rata - rata postes 2,61 . Jadi selisih nilai rata - rat a pre tes dan post es yaitu 1,7 . 3. M ode l cooperative integrated reading and composition efektif digunakan da - lam me mbandingkan teks prosedur kom pleks pada siswa kelas X I MIPA 4 SM AN 18 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretes dengan nilai postes , diketahui t hitung 11,62 > t tabel 2,0 5 . Kata ku nci: Pembelajaran, membandingkan, teks cerita pendek , teks eksplanasi kompleks, cooperative integrated reading and composition .