PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP VIRUS PADA SISWA KELAS X DI SMA PGRI RANCAEKEK

Main Author: Nurul Wida Pratiwi, 1 25040170
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12667/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12667/2/abstrak%20indo.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12667/3/abstrak%20b.inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12667/4/BAB%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12667/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12667/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12667/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahan siswa kelas X Mia SMA PGRI Rancaekek terhadap konsep yang disebabkan antara lain oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesa n materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning, dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep virus di SMA PGRI Rancekek. Populasi dari penel itian adalah siswa kelas X Mia SMA PGRI Rancaekek, yaitu kelas X Mia 1 dan Mia 2 dengan jumlah siswa masing - masing sebanyak 35 orang. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Gr oup Design tanpa adanya kelas kontrol. Instrumen yang penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif 25 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttes peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan karena t hitung > t tabel sebesar 3,22 >2,65. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis tolak H o sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang si gnifikan antara siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning. Dari hasil penelitian pada kelas Problem Based Learning menunjukan nilai indeks gain sebesar 0,66 (Sedang) . Sedangkan hasil penelitian pad a kel as Discovery Learning menunjukkan nilai indeks gain 0,67 (Sedang) . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belaja r siswa pada konsep virus. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Afektif, Psikomotor.