MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas V SDN Cinta Asih 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung)

Main Author: ROFIATUN NISSA, 1 250 60165
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12661/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12661/2/ABSTRAK%20indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12661/3/abstrack%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12661/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12661/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12661/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12661/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sis - wa dengan menggunakan model role p laying pada pembelajaran IPS pokok baha - san keanekaragaman budaya di Indonesia . Penelitian ini dilaksa nakan di kelas V SDN Cintaasih 01 dan dilat a r belakangi keadaan siswa yang kurang m enunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih ba - nyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode cerama h yang cen - derung monoton dan belum menggunakan model role p laying . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) de - ngan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, ob - servasi, analisis dan refleksi. Penelitia n ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran role play - ing . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk menge - tahui hasil belajar siswa , penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk menge - tahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata - rata dari penila - i n kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata - rata siklus 1 yaitu 6 5 sedangkan sikl us 2 mencapai nilai rata - rata 83 . Hasil belajar sik lus 1 nilai rata - rata yaitu 7 1, dan hasil belajar siklus 2 rata - rata nilai mencapai 79,83 . Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model role playing dapat meningkatkan kerjasa - ma dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaraga - man budaya di Indonesia di kelas V SDN Cintaasih 01 . Dengan demikia n, peng - gunaan model role playing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : bermain peran , kerjasama, hasil belajar .