Daftar Isi:
  • ABSTRAK PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiMotivasiKerja, Kompetensi, Kepuasan KerjadanKinerjaPegawai, sertauntukmengetahuiseberapabesarpengaruhvariabelMotivasiKerjadanKompetensiterhadap Kepuasan Kerja serta implikasinya padaKinerjaPegawaibaiksecarasimultanmaupunsecaraparsialpadaDinasSosialProvinsiJawa Barat. Sampeldalampenelitianiniberjumlah80pegawai yang berasaldariseluruhpegawaitetapdalamjabatanmenengahkebawahdidalam unit kerja yang ada di DinasSosialProvinsiJawa Barat, dari total populasiberjumlah 139 pegawai. Metodepenelitian yang digunakanadalahanalisis jalur, analisiskoefisiendeterminasisimultandanparsial, sertaujihipotesisyaituuji F danuji t. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasipegawai yang ada di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barattermasukkategoricukup, mengenaikompetensisecaraumumrespondenberada dalam kategori cukup, kepuasan kerja secara umum responden menyatakan dalam kategori cukupdankinerjapegawaiberadapadakategoricukup. MotivasiKerjadanKompetensisecarasimultanmaupunparsialberpengaruhsignifikanterhadap Kepuasan Kerja.Secarasimultanpengaruhnyaadalah60,2% dansisanya39,8% dipengaruhiolehvariabel lain. Kepuasan Kerja secarasimultanmaupunparsialberpengaruhsignifikanterhadapKinerja PegawaiSecarasimultanpengaruhnyaadalah62,1% dansisanya37,9% dipengaruhiolehvariabel lain.DengandemikianKepuasanpegawaidalam model initelahsesuaikarenadapatberfungsisebagaivariabel intervening yang menjebataniatausebagaiperantaraantaravariabelMotivasidanKompetensi terhadapKinerjaPegawai, yang dapatdilihatbahwadenganadanyavariabel intervening memberikankonribusiataupengaruh yang lebihbesardibandingkansecaralangsungdarivariabeldependenke independent. Kata Kunci :MotivasiKerja, Kompetensi, Kepuasan KerjadanKinerjaPegawai