PEMBELAJARAN MENGABSTRAKSI TEKS DRAMA DENGAN MENGOPTIMALKAN KATA KUNCI MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Yoga Permana, 125030071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12578/1/COVER%20YOGA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12578/2/ABSTRAK%20YOGA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12578/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/12578/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12578/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12578/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12578/ |
Daftar Isi:
- Menulis dalam mengabstraksi teks drama mengoptima lkan kata kunci mer - upakan suatu kegiatan pembelajaran siswa untuk mendorong keterlibatan secara aktif . Prinsip - prinsip tersebut dapat dibentuk menggunakan model inkuiri. Berdasarkan penjelasan di a tas , penulis melakukan penelitian pembelajaran mengabstraksi teks drama dengan mengoptimalkan p enggunaan kata kunci m elaui model inkuiri pada siswa kelas XI SMKN 4 B andung tahun pelajaran 2015/2016 . Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen semu. A dapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut sebagai berikut. a. Penulis mampu melaksanakan, merencanakan dan menilai pembelajaran mengabstraksi teks drama dengan mengoptimalkan kata kunci. Penulis mendapatkan nilai rata - rata untuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajar - an 3,88. Nilai tersebut termasuk kategori baik sekali. b. siswa kelas X I RPL 2 SMK N 4 Bandung , telah menunjukkan kesungguhan dan keseriusan. Hal ini dapat dibuktikan dari n ilai rata - rata sikap yaitu sebesar 2,94, n ilai rata - rata l embar kerja siswa hamper setiap kelompok telah melebihi nilai rata - rata Pretest , n ilai rata - rata Pretest yaitu 26,7 sedangkan nilai rata - rata Posttest 65,15. Jadi, selisih nilai rata - rata Pretest dan Posttest yaitu 38,45. Hasil ini membuktikan bahwa kemamp uan meng - abstraksi siswa kelas X I RPL 2 SMK N 4 Bandung mengalami peningkatan. c. Model Inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengabstraksi teks drama dengan mengoptimalkan kata kunci pada siswa kelas X I RPL 2 SMK N 4 Bandung . Hal ini terbukti dari ha sil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 19,81 dan t tabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan db sebesar 19. Penulis simpulkan bahwa pembelajaran mengabstraksi teks drama dengan mengoptimalkan kata kunci menggu nakan model inkuiri menunjukkan keberhasil - an dengan hasil yang sangat baik . Kata kunci : menulis, model inkuiri , teks drama .