PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EUBACTERIA KELAS X
Main Author: | SRI NOVA ASTUTI, 125040187 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12558/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12558/2/abstrak%20indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12558/3/abstrak%20b%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12558/4/BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/12558/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12558/6/daptar%20pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12558/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya penguasaan konsep siswa pada pokok bahasan Eubacteria sebagian besar nilai rata - rata ulangan Biologi dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Penerap an Model Pembelajaran PBL ( Problem Based Learning ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Eubacteria Siswa Kelas X SMA Pasundan Rancaekek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling sehingga di dapat kelas X IPA 1 sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan Pre - Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest - Posttest Design . Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan konsep yang berupa 20 soal pilihan ganda dengan pilihan jawa ban 4. Hasil penghitungan menunjukan bahwa nilai rata - rata Pretest sebesar 53,25 dan Posttest 78,5. Analisis data menggunakan uji - t diperoleh nilai t hitung 15,53 sedangkan t tabel 2,86 sehingga t hitung >t tabel . Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (H a ) diterima dam hipotesis nol (H o ) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning ) dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada pokok bahasan Eubacteria . Kata kunci: PBL ( Problem Based Learning ), Eubacteria , Hasil Belaja