PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN METODE CERAMAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Main Author: | Ria Sintawati Kosasih, 125040067 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12545/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/ |
ctrlnum |
12545 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12545/</relation><title>PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY 
LEARNING DAN METODE CERAMAH PADA MATERI
KEANEKARAGAMAN HAYATI</title><creator>Ria Sintawati Kosasih, 125040067</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMA terhadap
mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi
mengenai perbedaan hasil belajar melalui penerapan model Discovery Learning
dengan metode ceramah pada materi keanekaragaman hayati. Metode pada
penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah PretestPosttest
Control
Group
Design.
Populasi
yang
diambil
adalah
siswa
SMA
Negeri

2
Padalarang
dengan
sampelnya
adalah
dua
kelas,
yaitu
kelas
X
MIPA
2
sebagai

kelas

kontrol yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode
ceramah dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Instrument
penelitian yang dilakukan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang
telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran butir soal.
Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang berasal dari hasil pretest dan
posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar
siswa yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa
yang menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah. 
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar,
Keanekaragaman Hayati</description><date>2016-09-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12545/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12545/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12545/3/ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12545/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12545/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12545/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Ria Sintawati Kosasih, 125040067 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN METODE CERAMAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12545</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ria Sintawati Kosasih, 125040067 |
title |
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY
LEARNING DAN METODE CERAMAH PADA MATERI
KEANEKARAGAMAN HAYATI |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/12545/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12545/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMA terhadap
mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi
mengenai perbedaan hasil belajar melalui penerapan model Discovery Learning
dengan metode ceramah pada materi keanekaragaman hayati. Metode pada
penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah PretestPosttest
Control
Group
Design.
Populasi
yang
diambil
adalah
siswa
SMA
Negeri
2
Padalarang
dengan
sampelnya
adalah
dua
kelas,
yaitu
kelas
X
MIPA
2
sebagai
kelas
kontrol yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode
ceramah dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Instrument
penelitian yang dilakukan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang
telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran butir soal.
Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang berasal dari hasil pretest dan
posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar
siswa yang menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa
yang menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar,
Keanekaragaman Hayati |
id |
IOS3183.12545 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:08:02Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044895698485248 |
score |
17.538404 |