PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEANS - ENDS ANALYSIS PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | JAJANG AFIFUDIN, 125030007 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12541/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12541/1/COVER%20%26%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://repository.unpas.ac.id/12541/3/hasil%20revisi%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12541/4/hasil%20revisi%20BAB%20II%20ja.pdf http://repository.unpas.ac.id/12541/5/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12541/ |
Daftar Isi:
- Menganalisis adalah melakukan pemeriksaan mendalam pada suatu persoalan untuk memperoleh suatu hasil. Anekdot merupakan teks yang lucu, berkarakter dan di dalamnya mengandung kritikan yang membangun. Teks anekdot mempunyai ciri khas yang berbeda dengan teks - teks yang lain. Teks anekdot memiliki ciri humor, dan mengeritik, sedangkan teks yang lain tidak mempunyainya. Metode m eans - ends analysis merupakan metode pemikiran sistem d alam penerapannya merencanakan tujuan keseluruhan, tujuan tersebut dijadikan ke dalam beberapa tujuan yang akhirnya menjadi beberapa langkah atau tindakan berdasarkan konsep yang berlaku. Hipotesis yang penulis rumuskan, penulis dan siswa mampu melaksanak an pembelajaran menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode means - ends analysis . Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Penulis mampu merencan akan, melaksanakan dan menilai p embelajaran m enganalisis t eks a nekdot dengan m enggunakan m etode m eans - e nds a nalysis pada s iswa k elas X SMK Pasundan 3 Bandung. 2) Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode means - ends analysis . 3) Metode means - ends analysis efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks anekdot. Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretes dan postes. nilai rata - rata pretes 45.51 dan nilai rata - rata postes 66.13 . Artinya, siswa kelas X Multimedia SMK Pasundan 3 Bandung mampu menganalisis teks anedkot dengan menggunakan metode means - ends analysis sangat efektif dan efisien. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pene - litian statisti k dan hasil perhitungan taris signifikan perbedaan mean pretes dan postes dengan t hitung > tt abel yakni 4.083 > 2,09 Pada taraf signifikansi 5% tingkat kepercayaan 95 % dan derajat kebebasan 19. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode means - ends analysis ini tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung, karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan sumber kecerdasannya dan cara belajar menuju lebih baik dan khususnya pada saat menganalisis cerpen. Kata Kunci : p embelajaran, menganalisis, teks ane kdot, metode means - ends analysi