PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR PETA KONSEP BERGAMBAR PADA KONSEP PROTISTA
Main Author: | DEVI DAHLIANI, 125040114 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12469/1/1.%20HALAMAN%20SAMPUL.pdf http://repository.unpas.ac.id/12469/2/ABSTRAK%20indo.pdf http://repository.unpas.ac.id/12469/3/abstract%20engslish.pdf http://repository.unpas.ac.id/12469/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12469/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12469/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12469/ |
Daftar Isi:
- Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran, karena melalui pemilihan bahan ajar yang tepat dapat mengarahkan guru pada kualitas pembelajaran yang efektif . Salah satu bahan ajar yang dapat mempermudah siswa untuk lebih memahami materi dalam proses pembelajaran yaitu bahan ajar seperti peta konsep. Peta konsep biasanya dibuat dalam bentuk bagan dan tabel . Namun dalam penelitian ini, peneliti berinovasi untuk membuat peta konsep bergambar agar dapat melatih dan mempermudah siswa untuk mengidentifikasi konsep - konsep melalui sebuah garis bermakna yang saling berhubungan serta terdapat gambar - gambar pendukung pada setiap konsepnya untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. P enelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan t erhadap satu kelas yang telah ditentukan berdasarkan kriteria pre stasi belajar hampir sama di SMA Pasundan 2 Bandung dengan desain penelitian Pre - eksperimental dalam bentuk One – Group Pretest – Posttest Design . Data penelitian yang diperoleh dengan memberikan hasil pretest dan posttest. Adapun nilai rata - rata hasil belajar yang diperoleh dalam kelas tersebut adalah 43, 793 dan 77, 897 . Dari hasil uji hipotesis didapatkan keduanya memiliki nilai t hitung = 35,085 yang lebih besar daripada t tabel (0,05) = 2,048 pada taraf signifi kasi 5 % atau α = 0,0 5 , jadi data nilai rata - rata posttest pada kelas tersebut terdapat adanya peningkatan yang signifikan karena t hitung > t tabel , ini berarti H O ditolak dan H A diterima . Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan bahan ajar peta konsep bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep protista. Kata Kunci : Bahan Ajar, Peta Konsep Bergambar dan Hasil Belajar