Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X I IPS SMA Negri 17 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negri 17 Bandung . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows . Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negri 17 Bandung semester II tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0 for windows . Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar sebesar 0, 867 itu berarti korelasi tersebut cukup kuat, regresi linear sederhana sebesa r Y = 14,837 + 0, 999 X, dan koefisien determinasi atau R 2 sebesar 3,24% . Hasil perhitungan rata - rata butir angket pada variabel X yaitu sebesar 61,64 % yang menunjukan siswa setuju bahwa kompetensi guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil rata - rata tiap butir angket pada variabel Y sebesar 64,88 % yang menunjukan bahwa siswa setuju fak tor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Sebagai akhir penelitian penulis menyampai kan saran kepada para guru akuntansi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dala m proses belajar mengajar. Kompetensi guru adalah menuntut guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat berfikir kritis dan berbasis pemahaman bukan penghafalan . Kata kunci : Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa