Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan penalaran logis pada siswa melalui penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada konsep ruang lingkup biologi. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen yaitu kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan model PBL (Problem Based Learning). Sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan perlakuan. Sampel penelitian adalah kelas X-IPA 1 dan X-IPA 2 di SMA BPI 1 Kota Bandung tahun ajaran 2016/2017 . Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penerapan model PBL(Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan penalaran logis siswa dengan skor rata-rata Pretest untuk kelas eksperimen adalah 23,49 dan skor rata-rata pretets kontrol adalah 22,67 termasuk kriteria kurang baik dan skor postets untuk kelas eksperimen adalah 78,05 dan skor rata-rata untuk kelas postets adalah kontrol adalah 72, 09 termasuk kriteria yang baik hasil data skala sikap hanya menggunakan satu kelas penelitain yaitu kelas eksperimen dengan skor rata-rata adalah 68,96 yang termasuk kriteria baik. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan model PBL (Problem Based Learning) siswa dapat meningkatkan kemampuan penalaran logis siswa. Kata Kunci : PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Penalaran Logis Siswa, Skala Sikap