Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Berbasis Kurikulum 2013
Main Author: | DEVI APRILIANI, 125040074 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12436/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/12436/2/abstrak%20indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12436/3/abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12436/4/bab%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/12436/6/bab%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/12436/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena melihat kurangnya semangat belajar siswa dalam mengikuti proses belajar di dalam kelas. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa setelah mengalami pembelajaran dengan menggunakan media animasi, apakah terjadi peningkatan atau tidak. Penelitian ini dilakukan di SMAN Jatinangor dengan sample kelas X-1 sebanyak sebagai kelas Eksperimen dan X-2 sebanyak sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah dengan metode eksperimen dengan desain rancangan the randomized pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil analisis data untuk penilaian kognitif dari kedua kelas menggunakan uji t didapat hasil t hit > t tabel atau 11,166 > 0,5 yang dapat disimpulkan hasil setelah mendapat pembelajaran dengan media animasi terjadi peningkatan hasil belajar. Untuk penilaian afektif didapatkan hasil rata – rata nilai berjumlah 2,25 untuk kelas eksperimen dan 2,3 untuk kelas kontrol. Kata kunci : Media Animasi, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan