OPTIMALISASI TIPE KRITIK DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN FILM MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: IRFAN SOPIAN, 125030 125
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12428/1/1%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12428/2/7%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12428/3/8%20ABSTRACT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12428/4/PENDAHULUAN.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12428/5/KAJIAN%20TEORI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12428/6/14%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12428/
Daftar Isi:
  • Menulis ulasan film merupakan cara untuk melahirkan para peserta didik yang kritis dan pedu li terhadap suatu yang bernilai ( karya ) , namun hal ini tidak akan mudah dalam proses pembelajaran serta pelatihannya. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis menghadirkan inovasi dalam mengefektifkan proses pem - belajaran menulis teks ulasan film , yakni dengan cara mengoptimalkan tipe kritik di dalam nya. Berdasarkan hal tersebut , dalam pembelajaran menulis teks ulasan film, pendidik per lu menggunakan met ode untuk membantu berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan , sehingga akan terciptanya pem - belajaran yang menarik, efektif, menyenangkan , serta peserta didik tidak merasa bosan hingga dapat menikmati proses pembelajaran yang beruju ng pada lebih mudahnya peserta didik dalam mempelajarinya. Dalam pe nelitian ini , penulis ber - maksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengoptimalkan tipe kritik dalam memproduksi teks ulasan film. Metode pembelajaran yang digunakan dal am memproduksi teks ulasan film, yakni metode kolaborasi . Sekaitan dengan penjelasan yang telah diuraikan di atas, penulis te rtarik me - lakukan pe nelitian optimalisasi tipe kritik dalam pem belajaran memproduksi teks ulasan film menggunakan metode kolaborasi pada siswa kelas XI SM A N egeri 9 Bandung. Penelitian in i bertujuan untuk mengetahui ke mampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai proses optimaliasi tipe kritik dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film , untuk mengetahu i kemampuan siswa kelas XI terkait optimaliasi tipe kritik dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film, serta ke e fektifan metode kolaborasi terkait opt imalisasi tipe kritik dalam pem belajaran memproduksi teks ulasan film . Metode yang penulis gunakan dalam penelitian i ni adalah metode penelitian eks perimen semu atau quas i eksperiment dengan teknik penelitian observasi dan tes . Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian tersebut sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai optimalisasi ti pe kritik dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film menggunakan metode kolaborasi . Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata - rata penulis yang diberikan guru Bahasa Indonesia SM A N egeri 9 Bandung, yaitu 3 ,6 9 . Nilai tersebut terma suk kategori baik sekali. 2. Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Bandung mampu mengoptimalkan tipe kritik dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film menggunakan metode kolaborasi . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan belajar dengan nilai pascates lebih besar dari nilai p rate s , yakni 2,99 ≥ 2,11. 3. Metode kolaborasi efektif digunakan terkait optimalisasi tipe kritik dalam pem - belajaran memproduksi teks ulasan film dengan pembuktian hasil perhitungan statistik dan taraf signifikansi pr ates dan pascates , yaitu t sebesar 8 dan t tabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,0 4 artinya t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan fakta - fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode kolabo r asi terbukti efektif digunakan terkait optimalisasi tipe kritik dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film . Kata kunci: Kolaborasi, Menulis, T eks Ulasan Film , Tipe Kritik .