PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN POWERPOINT DENGAN AURORA 3D PRESENTATION BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP VIRUS
Main Author: | TIANTI ANGGIANI, 1 25040071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12414/1/1.%20cover%20skripsi.pdf http://repository.unpas.ac.id/12414/2/2.%20abstrak%20indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12414/3/3.%20abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12414/4/4.%20Bab%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/12414/5/5.%20Bab%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/12414/6/6.%20daftar%20pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12414/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan powerpoint dengan aurora 3d presentation berbasis problem based learning Pada Konsep Virus . Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan aurora 3 d presentation berbasis problem based learning dan powerpoint berbasis problem based learning . M etode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Karya Pembangunan Baleendah tahun ajaran 201 5 /201 6 pada semester 1 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 2 . Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes obyektif berupa soal berjumlah 20 soa l sedangkan non test menggunakan lembar observasi yang mencakup afektif dan psikomotor . Nilai Rata - rata pre - test kelas aurora 3d presentation berbasis problem based learning yaitu 40, 96 sedangkan rata - rata pre - test kelas powerpoint berbasis problem based learning adalah 4 0 , 3 . Berdasarkan analisis data nilai p re - test kedua kelas menggunakan uji - t dan diperoleh hasil bahwa t hitung ( 0,36 ) < t tabel (2,00) pada taraf signifikan 5% atau = 0,05 . Jadi data nilai p re - test antara kedua kelas tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena t hitung < t tabel . Berdasarkan analisis data post - test dengan uji t didapatkan hasil bahwa t hitung ( 2,84 ) > t tabel (2,00) pada taraf signifikan 5% atau = 0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdap at perbedaan yang signifikan an ta ra kedua kelas tersebut karena t hitung > t tabel . Dilakukan pula penilaian afektif didapatkan skor rata - rata 79,7 % pada kelas aurora 3d presentation berbasis problem based learning dan 78 % pada kelas powerpoint berbasis problem based learning . Rata - rata tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan penilaian psikomotor didapatkan skor rata - rata 78,8 % pada kelas aurora 3d presentation berbasis problem based learning dan 7 5 % pada kelas powerpoint berbasis problem based learning . Rata - rata tersebut termasuk dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan aurora 3d presentation berbasis problem based learning dengan nilai rata - rata 78,3 dan siswa yang menggunakan powerpoint berbasis problem based learning dengan nilai rata - rata 7 1 , 2 . Kata Kunci : Hasil belajar siswa biologi, aurora 3d presentation berbasis problem based learning dan powerpoint berbasis problem based learning