PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR ATLAS BIOLOGI PADA MATERI PROTISTA KELAS X SMA NEGERI 17 BANDUNG
Main Author: | WINDA MAULIDA, 125040149 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12403/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12403/2/abstrak%20indo.pdf http://repository.unpas.ac.id/12403/3/8.ABSTRAK%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12403/4/.BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/12403/5/14.BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12403/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12403/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi protista yang disebabkan oleh bahan ajar yang kurang kreatif dan inovatif di kelas X IPA SMA Negeri 17Bandungtahun ajaran 2015/2016. Maka dibutuhkannya bahan ajar yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 17 Bandung kelas X IPA 5 dan X IPA 6 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desainnon-equivalentpretest postest design. Variabel penelitian terdiri atas 2variabel, yaitu variabel bebas berupa bahan ajar atlas biologi, variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik Purposive Sampling yakni teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan kriteria kelas yang nilai rata-rata hampir seimbang pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes soal berupa test objektif (pilihan ganda) terdiri dari pretest dan posttest yang isi soalnya sama yaitu 20 soal pilihan ganda. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran dan posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukan pada peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata- rata posttest kelas kontrol mencapai 42,5, pada nilai pretest kelas kontrol mencapai 68,5 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen untuk posttest mencapai nilai 39,17 dan untuk posttest mencapai nilai 76,33. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar atlas biologi dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif dalam kegiatan pembelaran untuk menigkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:atlas biologi, hasil belajar, protista