PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERDASARKAN SURAT PENAWARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAJALAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | LINDA RATNAN YULIANTY, 125030051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12374/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12374/2/7.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12374/3/8.%20ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/12374/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12374/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12374/6/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12374/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kemampuan penulis melaksanakan pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa kelas X SMAN 1 Majalaya. Perumusan masalah yang penulis ajukan adalah: a) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa?; b) Apakah siswa kelas X mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran dengan menggunakan metode problem based learning?; c) Efektifkah metode metode problem based learning digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran pada siswa kelas X?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: a) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa kelas X; b) Siswa kelas X mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran dengan menggunakan metode problem based learning; c) Metode problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran pada siswa kelas X. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa kelas X. Hal ini terbukti dari hasil nilai kegiatan pembelajaran sebesar 3,75. 2. Siswa Kelas X mampu memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai pretest 50,6 dan rata-rata nilai posttest yaitu 76,6. Meningkat sebesar 26. 3. Metode problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi berdasarkan surat penawaran pada siswa kelas X. Hal ini terbukti dengan hasil uji statistik thitung > ttabel, yakni 8,76 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Memproduksi, Teks Negosiasi,, Metode Problem Based Learning.