Daftar Isi:
  • Memproduksi adalah menghasilkan atau mengeluarkan hasil. Teks prosedur kompleks adalah teks yang menjelaskan langkah - langkah secara lengkap mengenai sesuatu. Media prezi adalah media perantara untuk persentasi yang memungkinkan penggunanya untuk memperbesar dan memperkecil tampilan presentasi. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan media prezi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Soreang; 2) Mampukah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Soreang memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan dengan tepat; 3) Efektifkah media prezi diterapkan pada pem - belajaran memproduksi te ks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Soreang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan media prezi pada siswa kel as X IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang; 2) peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang mampu mem - produksi teks prosedur kompleks berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan dengan tepat; 3) media prezi efektif diterapkan pada pembelajaran mem produksi teks prosedur kompleks pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre - experimental designs (nondesign) . Adapun sampel penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan media prezi pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Soreang. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3.54 dan pelaksanaan sebesar 3.68. 2. Peserta didik X IPA 1 SMAN 1 So reang mampu memproduksi teks prosedur kompleks sesuai struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretes yaitu 43.7 dan nilai rata - rata postes yaitu 76.7. Jadi ada peningkatan sebesar 32.9%. 3. Media prezi efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan media prezi pada siswa kelas X 1 IPA SMA Negeri 1 Soreang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel, yaitu 8.84 ≥ 2.02 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 39. Dengan demikian, media prezi cocok digunakan dalam proses pembelajaran, hal ini telihat dengan adanya peningkatan hasil nilai yang diperoleh siswa. Kata kunci: Pembelajaran, teks prosedur kompleks, struktur , ciri kebahasan, kaidah penulisan, media prezi