PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP RUANG LINGKUP BIOLOGI
Main Author: | MUHAMMAD FAIZAL NAZIR, 115040158 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12233/1/1.%20COVER%20ISAL.pdf http://repository.unpas.ac.id/12233/2/5.%201.%20ABSTRAK%20isal%20INA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12233/3/5.1%20ABSTRACT%20ENG.pdf http://repository.unpas.ac.id/12233/4/BAB%201%20isal.pdf http://repository.unpas.ac.id/12233/5/BAB%20II%20isal.pdf http://repository.unpas.ac.id/12233/6/Daftar%20Pustaka%20isal.pdf http://repository.unpas.ac.id/12233/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Problem Based Learning (PBL) pada konsep Ruang Lingkup Biologi. Pada proses pembelajaran kurang begitu efektif dengan hanya menyuruh siswa mendengarkan konsep pelajaran dari guru saja, sehingga cenderung membuat siswa tidak serius disaat pembelajaran berlangsung dan konsep tidak tersampaikan kepada mereka sehigga mereka kurang menguasai konsep pembelajaran. Skripsi ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasawahan kabupaten Purwakarta dengan sampel satu kelas yaitu kelas X 3. Pengambilan sampel ditentukan melalui metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah diujicobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 38,87 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,1. Hasil analisis tes dilanjutkan dengan menggunakan uji t didapatkan hasil dengan thitung = 13,89 dan ttabel = 2,66, sehingga diperoleh thitung (13,89) > ttabel (2,66) dengan taraf signifikasi α=0,01. Dari kriteria tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dapat dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Problem Based Leraning (PBL) pada konsep Ruang Lingkup Biologi sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Kata Kunci: Metode Problem Based Leraning (PBL), Hasil Belajar.