PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X 3 dan X 4 Di SMA Pasundan 2 Bandung )
Main Author: | DENI GUMELAR NUGRAHA, 125020047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12188/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/12188/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12188/3/ABSTRAK%20%28sunda%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/12188/4/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/12188/5/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12188/6/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12188/7/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://repository.unpas.ac.id/12188/ |
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey, tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 3 dan X 4 SMA Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 73 siswa. Data kompetensi guru ekonomi dan prestasi belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket (kuesioner) yang dilakukan kepada siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows . Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi terdapat pengaruh positif kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa kompetensi guru ekonomi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa senilai 0,518 dalam derajat kepercayaan 51,8 % dan korelasi antara variabel dependent (X) dan variabel independent (Y) sebesar 0,768 itu berarti korelasi tersebut sangat kuat, arti H1 dapat diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Pasundan 2 Bandung, hal ini dibuktikan dengan R Square sebesar 0,590 yang berarti pengaruh kompetensi guru ekonomi sebesar 59,0% selebih nya dipengaruhi oleh variabel lain. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru ekonomi senantiasa mempertahankan keempat kompetensi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, kepada siswa hendaknya membiasakan diri untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ilmu ekonomi agar tercipta rasa suka dan rasa keterkaitan pada mata pelajaran ekonomi,kepada sekolah untuk mendukung peningkatan kompetensi guru ekonomi, hal ini dilakukan bisa dengan cara kepala sekolah yang memiliki kapasitas yang memadai mampu mempengaruhi dan menggerakkan para guru guna meningkatkan kompetensinya dan bagi peneliti lainnya sebaiknya melakukan penelitian dengan mengangkat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yang belum diungkapkan dalam skripsi ini. Kata Kunci :Kompetensi Guru Ekonomi,Prestasi Belajar Siswa