PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK DALAM PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK GRADE I DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO BUNGUR BANDUNG. BASTIANA TAMA GUMILANG 12.6040051
Main Author: | BASTIANA TAMA GUMILANG, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12187/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12187/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12187/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12187/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12187/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12187/ http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint::Edit&eprintid=12187&stage=core#t |
Daftar Isi:
- Purwa Caraka Music Studio merupakan salah satu sekolah musik yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar musik, salah satunya belajar gitar elektrik. Pembelajaran gitar elektrik di PCMS khususnya pada grade I terlihat siswa dalam memainkan gitar masih terlihat terbata-bata dan kurangnya kesiapan dalam menghadapi materi berikutnya. Alangkah baiknya seorang guru pengajar dapat menentukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran gitar elektrik khususnya kepada siswa grade I, dari beberapa metode yang umum digunakan peneliti memfokuskan metode drill, karena cara kerja dari metode drill yaitu latihan dengan cara berulang-ulang untuk menyempurnakan suatu keterampilan serta dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan sejak awal. Metode Drill dinilai dapat memberikan dampak perubahan yang lebih baik dalam memainkan gitar elektrik. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan di atas maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Psikomotorik dalam Pembelajaran Gitar Elektrik Grade I di Purwa Caraka Music Studio Bungur Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat capaian keberhasilan dari penggunaan metode drill dalam meningkatkan aspek psikomotorik dalam pembelajaran gitar elektrik pada siswa grade I di PCMS Cabang Bungur, Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah guru pengajar dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Untuk memastikan tentang keabsahan data yang sudah diambil, peneliti melakukan teknik analisis data dengan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini mengetahui manfaat apa yang diperoleh dari penggunaan metode drill dalam meningkatkan psikomotorik. Pertama peneliti memaparkan aspek indikator yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut diantaranya dari segi kesiapan (set), respon terbimbing (guide respons), mekanisme (mechanism), dan penyesuaian (adaptation). Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan metode drill pada pembelajaran gitar elektrik di PCMS sangat membantu pada proses pembelajaran, dapat meningkatkan psikomotorik siswa dalam pembelajaran gitar elektrik. Kata Kunci: Metode drill, Psikomotorik, Pembelajaran, Gitar elektrik