PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN POKOK BAHASAN MENGHARGAI PAHLAWAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung)

Main Author: AGISYA BARZAH MAULANA, 105060233
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12029/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12029/2/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12029/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12029/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12029/5/daftar%20pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12029/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Penggunaan Model Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: seberapa besar pengaruh metode pembelajaran bermain peran pada hasil belajar siswa di kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Pokok Bahasan Menghargai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Teoritis dalam penelitian ini adalah membahas tentang: (1) Pembelajaran; (2) aktvitas belajar (3) Hasil belajar, (4) Pembelajaran IPS; (5) Metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus berdaur, yaitu siklus diulangi jika tujuan yang dirumuskan belum dicapai secara optimal. Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan: .(1) perencanaan, (2) Pelaksanaan,(3) Pengamatan (observastion), dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, catatan lapangan, penilaian aktivitas bermain peran dan tes hasil belajar yang berupa 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan menghargai pahlawan kemerdekaan Indonesia ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada setiap tindakan mengalami peningkatan yang cukup baik sehingga nilai rata-rata siswa meningkat yaitu pada siklus I tindakan 1 rata-rata 60,10, siklus I tindakan 2 rata-rata 7010, siklus II tindakan 1 rata-rata 80,50 dan siklus II tindakan 2 rata-rata 90,20. Dengan demikian, penerapan metode bermain peran, sangat menunjang terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan menghargai pahlawan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN Cimenyan 1 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, metode bermain peran, pahlawan kemerdekaan Indonesia.