ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA AKHIR TERHADAP SISTEM INFORMASI TERPADU UNPAS DENGAN MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFACTION
Main Authors: | RIFKA DWIRESTU SEPTYANI, 133040347, Iwan Kurniawan, DS, Ferry Mulyanto, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11991/1/Cover%281%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/11991/2/Abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/11991/3/BAB_1.pdf http://repository.unpas.ac.id/11991/ http://teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- Sistem informasi berbasis online sangat dibutuhkan tidak hanya oleh individu juga sangat dibutuhkan oleh organisasi mengingat laju mobilitas dari penggunanya. Universitas Pasundan adalah salah satu organisasi yang menyadari akan pentingnya penerapan sistem informasi berbasis online untuk memenuhi kebutuhan akan data dan informasi secara real-time. Sistem Informasi Terpadu Unpas (SITU) adalah aplikasi berbasis online yang sudah lama diterapkan dilingkungan kampus unpas sebagai penunjang kegiatan akademik. Seiring dengan manfaat yang diberikan SITU, maka perlu dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna untuk mengetahui gambaran kepuasan pengguna terhadap SITU. Model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang dikembangkan oleh Doll dan Torkzadeh terdiri dari lima variabel yaitu, variabel isi, akurasi, bentuk, kemudahan dan ketepatan waktu yang juga digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna SITU. Berdasarkan kelima variabel tersebut maka dilakukan langkah-langkah penelitian untuk melakukan pengujian diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, serta uji regresi berganda dengan menggunakan bantuan tools SPSS versi 22 yang kemudian dilakukan perhitungan untuk mendapatkan hasil dan menarik kesimpulan. Hasil akhir yang didapat dari pengolahan data diuraikan secara deskriptif, yaitu berupa kesimpulan-kesimpulan mengenai kepuasn pengguna sistem. Hasil yang didapat adalah berupa gambaran kepuasan pengguna terhadap SITU dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Kata Kunci : Sistem Informasi Terpadu Unpas (SITU), End User Computing Satisfaction (EUCS).