PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAW

Main Author: Nita Rahmatika, 125060124
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11934/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11934/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11934/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11934/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11934/5/DAFTAR%20PUSTAKA..pdf
http://repository.unpas.ac.id/11934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Bilangan Romawi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matemati ka materi Bilangan Romawi. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Muararajeun, sebanyak 20 orang terdiri dari 6 orang laki - laki dan 14 orang perempuan. Hasil pen elitian pada siklus I untuk persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 60% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup, dan pada siklus II persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 90% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 50% dari 20 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 50% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II s iswa yang mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 90% dari 20 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 2 orang atau sebesar 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun pada pembelajaran Matematika materi Bilangan Romawi. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar.