PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP
Main Author: | FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11930/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/ |
ctrlnum |
11930 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11930/</relation><title>PEN
GARUH
MODEL PEMBELAJARAN 
PROBLEM BASED LEARNING 
DENGAN PENDEKATAN
PROBLEM POSING 
TERHADAP
PENINGKATAN
KEMAMPUAN 
KOMUNIKASI
MATEMATI
S
SISWA 
SMP</title><creator>FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Farida Noviatunnafsiah, 
Pengaruh Model Pembelajaran 
Problem Based Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing
terhadap Peningkatan Kemampuan 
Komunikasi Matematis Siswa SMP.
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kurangnya 
kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap pelajaran matematika sehingga 
diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan 
komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 
apakah kemampuan komunikasi matematis
siswa yang mendapatkan
pembelajaran matematika 
menggunakan model pembelajaran 
Problem Based 
Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing
lebih baik daripada siswa yang 
mendapatkan 
model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui sikap 
siswa terhadap te
rhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran 
Problem Based Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing
. Menurut 
metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian 
ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung tahun ajaran 
2015/2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Al Falah 
Kota Bandung seba
nyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. 
Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal
-
soal 
kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model 
Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan
-
pernyataa
n mengenai pelajaran 
matematika, model pembelajaran 
Problem Based Learning
d
engan Pendekatan 
Problem Posing
, dan kemampuan komunikasi matematis. Tes diujicobakan 
dahulu di kelas VIII. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak 
untuk digunaka
n penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji
-
t 
melalui 
software SPSS 22.0 for Windows
yaitu dengan menggunakan 
Independent 
Sample t
-
Tes
. Berdasarkan analisis data hasil penelitian
, diperoleh kesimpulan : 
peningkatan kemampuan komunikasi mat
ematis siswa yang mendapatkan 
pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran 
Problem Based 
Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing
lebih baik daripada siswa yang 
mendapatkan model pembelajaran konvensional; siswa bersikap positif terhadap 
pembela
jaran menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing
. Oleh karena itu, model pembelajaran 
Problem Based Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing
dapat dijadikan 
suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelaj
arannya untuk 
menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Kata kunci
: 
Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran 
Problem Based 
Learning
dengan Pendekatan 
Problem Posing.</description><date>2016-09-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031 (2016) PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11930</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031 |
title |
PEN
GARUH
MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING
DENGAN PENDEKATAN
PROBLEM POSING
TERHADAP
PENINGKATAN
KEMAMPUAN
KOMUNIKASI
MATEMATI
S
SISWA
SMP |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/11930/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/3/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/4/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11930/ |
contents |
Farida Noviatunnafsiah,
Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing
terhadap Peningkatan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa SMP.
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kurangnya
kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap pelajaran matematika sehingga
diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah kemampuan komunikasi matematis
siswa yang mendapatkan
pembelajaran matematika
menggunakan model pembelajaran
Problem Based
Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing
lebih baik daripada siswa yang
mendapatkan
model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui sikap
siswa terhadap te
rhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran
Problem Based Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing
. Menurut
metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung tahun ajaran
2015/2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Al Falah
Kota Bandung seba
nyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal
-
soal
kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model
Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan
-
pernyataa
n mengenai pelajaran
matematika, model pembelajaran
Problem Based Learning
d
engan Pendekatan
Problem Posing
, dan kemampuan komunikasi matematis. Tes diujicobakan
dahulu di kelas VIII. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak
untuk digunaka
n penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji
-
t
melalui
software SPSS 22.0 for Windows
yaitu dengan menggunakan
Independent
Sample t
-
Tes
. Berdasarkan analisis data hasil penelitian
, diperoleh kesimpulan :
peningkatan kemampuan komunikasi mat
ematis siswa yang mendapatkan
pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran
Problem Based
Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing
lebih baik daripada siswa yang
mendapatkan model pembelajaran konvensional; siswa bersikap positif terhadap
pembela
jaran menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing
. Oleh karena itu, model pembelajaran
Problem Based Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing
dapat dijadikan
suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelaj
arannya untuk
menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Kata kunci
:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran
Problem Based
Learning
dengan Pendekatan
Problem Posing. |
id |
IOS3183.11930 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:07:33Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044892503474176 |
score |
17.538404 |