PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP

Main Author: FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11930/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/
ctrlnum 11930
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11930/</relation><title>PEN&#xD; GARUH&#xD; MODEL PEMBELAJARAN &#xD; PROBLEM BASED LEARNING &#xD; DENGAN PENDEKATAN&#xD; PROBLEM POSING &#xD; TERHADAP&#xD; PENINGKATAN&#xD; KEMAMPUAN &#xD; KOMUNIKASI&#xD; MATEMATI&#xD; S&#xD; SISWA &#xD; SMP</title><creator>FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Farida Noviatunnafsiah, &#xD; Pengaruh Model Pembelajaran &#xD; Problem Based Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; terhadap Peningkatan Kemampuan &#xD; Komunikasi Matematis Siswa SMP.&#xD; Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kurangnya &#xD; kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap pelajaran matematika sehingga &#xD; diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan &#xD; komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui &#xD; apakah kemampuan komunikasi matematis&#xD; siswa yang mendapatkan&#xD; pembelajaran matematika &#xD; menggunakan model pembelajaran &#xD; Problem Based &#xD; Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; lebih baik daripada siswa yang &#xD; mendapatkan &#xD; model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui sikap &#xD; siswa terhadap te&#xD; rhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran &#xD; Problem Based Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; . Menurut &#xD; metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian &#xD; ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung tahun ajaran &#xD; 2015/2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Al Falah &#xD; Kota Bandung seba&#xD; nyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. &#xD; Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal&#xD; -&#xD; soal &#xD; kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model &#xD; Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan&#xD; -&#xD; pernyataa&#xD; n mengenai pelajaran &#xD; matematika, model pembelajaran &#xD; Problem Based Learning&#xD; d&#xD; engan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; , dan kemampuan komunikasi matematis. Tes diujicobakan &#xD; dahulu di kelas VIII. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak &#xD; untuk digunaka&#xD; n penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji&#xD; -&#xD; t &#xD; melalui &#xD; software SPSS 22.0 for Windows&#xD; yaitu dengan menggunakan &#xD; Independent &#xD; Sample t&#xD; -&#xD; Tes&#xD; . Berdasarkan analisis data hasil penelitian&#xD; , diperoleh kesimpulan : &#xD; peningkatan kemampuan komunikasi mat&#xD; ematis siswa yang mendapatkan &#xD; pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran &#xD; Problem Based &#xD; Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; lebih baik daripada siswa yang &#xD; mendapatkan model pembelajaran konvensional; siswa bersikap positif terhadap &#xD; pembela&#xD; jaran menggunakan model pembelajaran&#xD; Problem Based Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; . Oleh karena itu, model pembelajaran &#xD; Problem Based Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing&#xD; dapat dijadikan &#xD; suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelaj&#xD; arannya untuk &#xD; menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan.&#xD; Kata kunci&#xD; : &#xD; Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran &#xD; Problem Based &#xD; Learning&#xD; dengan Pendekatan &#xD; Problem Posing.</description><date>2016-09-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11930/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031 (2016) PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11930</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FARIDA NOVIATUNNAFSIAH, 125050031
title PEN GARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI S SISWA SMP
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/11930/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11930/
contents Farida Noviatunnafsiah, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap pelajaran matematika sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap te rhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing . Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung tahun ajaran 2015/2016. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Al Falah Kota Bandung seba nyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataa n mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Problem Based Learning d engan Pendekatan Problem Posing , dan kemampuan komunikasi matematis. Tes diujicobakan dahulu di kelas VIII. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk digunaka n penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji - t melalui software SPSS 22.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t - Tes . Berdasarkan analisis data hasil penelitian , diperoleh kesimpulan : peningkatan kemampuan komunikasi mat ematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; siswa bersikap positif terhadap pembela jaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing . Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelaj arannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Problem Posing.
id IOS3183.11930
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:07:33Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:27Z
recordtype dc
_version_ 1766044892503474176
score 17.538404