PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | H. Hujatul Islam, 125050054 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11913/1/%281%29%20cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/11913/2/%285%29%20abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/11913/3/%286%29BAB%201%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/11913/4/%287%29%20BAB%20II%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/11913/5/%2811%29%20DAFTAR%20PUSTAKAfix.pdf http://repository.unpas.ac.id/11913/ |
Daftar Isi:
- Hujatul Islam, Penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP . Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung, tahun 2016. Matematika merupakan cabang ilmu yang sangat penting sehingga di juluki Queen of science. Matematika mengajarkan untuk berprilaku sosialis lewat berkomunikasi. Namu n beberapa penghambat berkomunikasi matematis adalah tidak tepatnya penggunaan metode atau model pembelajaran untuk menunjang tergalinya potensi komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran alternatif yang dapat menunjang kemampuan komunikasi matematis a dalah Pendid ikan Matematika Realistik (PMR). Adapun tujuan penelitian ini adalah : (i) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada ya ng menggunakan pembelajaran konvensional. (ii) Untuk mengetahui gambaran sikap siswa terhadap metode pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR). (iii) Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan komunikasi m atematis dengan sikap siswa. Populasi yang dipilih adalah SMP Pasundan 1 Bandung, adapun sampelnya adalah siswa kelas VII dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan tes kemampuan komunikasi matematis berupa uraian dan skala s ikap. Analisis data menggunakan Mann - Whitney U. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, terdapat sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan terdapat korelasi antara model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan sikap siswa. Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik (PMR) , Komunikasi matematis, pembelajaran konvensional, sikap