PENDEKATAN PEMBELAJARAN METACOGNITIVE SCAFFOLDING DENGAN MEMANFAATKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK
Main Author: | Saevi Triantoro, 125050047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11781/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/11781/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11781/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/11781/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11781/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11781/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11781/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan metakognisi merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan metakognisi siswa khususnya siswa SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untu k mengetahui apakah peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah yang memperoleh pendekatan pembelajaran Metacognitive Scaffolding melalui multimedia interaktif lebih baik daripada peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah yang memperoleh p endekatan pembelajaran langsung, 2) Mengetahui apakah sikap siswa terhadap pendekatan pembelajaran Metacognitive Scaffolding melalui multimedia interaktif dal am pembelajaran matematika, 3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan m etakognisi dengan sikap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain kelompok kontrol p retest - posttest . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Padalarang, dan sampel berdasarkan pe rtimbangan informasi dipilih dua kelas yaitu kelas X TKJ B sebagai kelas kontrol dan X Axioo Class Program sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah inst rumen tes dan instrumen skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah yang mendapatkan pendekatan M etacognitive Scaffolding dengan memanfaatkan multimedia interaktif lebih baik daripada peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah siswa yang memperoleh pe mbelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan langsung, 2) Siswa menunjukkkan sikap positif terhadap pe mbe lajaran matematika, terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan M etacognitive Scaffolding , terhadap multimedia interaktif, da n terhadap soal - soal metakognisi matematis, 3) Terdapat korelasi antara kemampuan metakognisi dengan sikap siswa. Kata Kunci: Kemampuan Metakognisi, Pendekatan Metacognitive Sca ffolding , Multimedia Interaktif, Sikap Siswa