EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN PADA KANTOR ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN GARUT

Main Author: REZA KHARISMA SUKMANA, 102010071
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11769/1/ABSTRAK.docx
http://repository.unpas.ac.id/11769/2/cover.docx
http://repository.unpas.ac.id/11769/3/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/11769/4/BAB%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/11769/5/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.unpas.ac.id/11769/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Administrasi KESRA Sekretariat Daerah Kabupaten Garut merupakan Asisten Perekonomian di Sekretariat Daerah, mempunyai tugas pokok membantu sekretaris daerah dalam perencanaan, perumusan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan Administrasi Perekonomian serta Administrasi Kesejahteraan Rakyat. Dalam menunjang tugas Administrasi KESRA dibutuhkan pengelolaan kearsipan yang baik sesuai dengan prosedur yang ada dimana arsip itu berperan penting dalam pelaksanaan administrasi. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa sistem pengelolaan kearsipan pada Kantor Administrasi KESRA Sekretariat Daerah Kabupaten Garut belum sepenuhnya melaksanakan prosedur kearsipan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya arsip yang tumpang tindih di meja-meja pegawai yang tidak teratur serta sulit sekali menemukan kembali arsip yang dibutuhkan dan menghambat proses adminstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sisitem pengelolaan kearsipan di kantor Administrasi KESRA Sekretariat Daerah Kabupaten Garut sudah berjalan sesuai prosedur. Dan ingin mengetahui bagaimana kondisi di lapangan terkait permasalahan yang timbul dari para pegawainya. Kemudian mengetahui apa saja yang dilakukan pegawai terkait dalam menangani permasalahan yang terjadi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode analisis deskriptif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian berdasarkan data dan fakta yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara indepth interview, dan dokumen. Kesimpulannya Proses pengelolaan arsip pada Kantor Administrasi KESRA Sekretariat Daerah Kabupaten Garut dalam hal sistem penataan (filling) arsip menggunakan sistem desentralisasi walaupun dalam proses pengurusan surat menggunakan sistem kombinasi yakni perpaduan antara sistem sentralisasi dan sistem desentralisasi. Adapun sistem penataan (filling) arsip yang diterapkan belum berjalan dengan baik sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang diharapkan, Saran-saran yang peneliti sampaikan kiranya dianggap sebagai bahan masukan bagi Kantor Administtrasi KESRA Sekretariat Daerah Kabupaten Garut untuk dapat melaksanakan prosedur kearsipan Serta disarankan agar Kantor Administtrasi KESRA Sekretariat Daerah Kabupaten Garut dapat meningkatkan kualitas SDM dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan memperbaiki fungsi fasilitas sarana maupun prasarana. Kata kunci : Pengelolaan Kearsipan