PEMBELAJARAN MENEMUKAN HAL - HAL YANG MENARIK TENTANG TOKOH CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 20 1 5/2016

Main Author: PUTRI AULIYA, 125030152
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11756/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/2/7.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/3/ABSTRACT%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/4/ABSTRAK%20indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/5/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/6/BAB%20II%20putri.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11756/
Daftar Isi:
  • Menemukan berarti mendapatkan sesuatu yang belum ada sebelumnya. Hal - hal menarik tentang tokoh dalam cerita rakyat merupakan sesuatu hal yang sangat membuat seseorang tertarik tentang tokoh yang dibaca dalam sebuah teks cerita rakyat yang dibaca atau didengarkan sehingga membuat seseorang merasa lebih penasaran terhad ap hal - hal yang manarik dalam tokoh tersebut . Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan hal - hal yang menarik dari cerita ra kyat , yaitu strategi pembelajaran learning starts with a question sebagai alat memotivasi siswa untuk mengungkapkan pikiran yang tersembunyi dengan cara mengajukan pertanyaan ke guru sebelum proses pembelajaran. Rumusan masalah yang penulis ajukan a dalah: (1 ) M ampukah penulis merencanakan , melaksanakan , dan menilai pembelajaran menemukan hal - hal yang menarik dari cerita rakyat dengan strategi pembelajaran learning starts with a question pada siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung ?; (2) M ampukah siswa siswa k elas X SMA Pasundan 3 Bandung menemukan hal - hal yang menarik dari cerita rakyat melalui kegiatan membaca ? ; (3) E fektifkah strategi pembelajaran learning starts with a question di terapkan dalam pembelajaran menemukan hal - hal yang menarik dari cerita rakyat ? Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretest - posttest design, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan , melaksanakan dan menilai pembelajaran menemukan hal - hal yang menarik tentang tokoh dalam cerita rakyat dengan strategi pembelajaran learning starts with a question pada siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung . Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3,6. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas X - 1 SMA Pasundan 3 B andung mampu menemukan hal - hal yang menarik tentang tokoh dalam cerita rakyat melalui kegiatan me mbaca . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretest yaitu 40,2 , sedangkan nilai rata - rata posttest 69 . Jadi selisih nilai rata - rat a prates dan pascates yaitu 28,7 . 3. Strategi pembelajaran learning starts with a question efektif di terapkan dalam menemukan hal - hal yang menarik tentang tokoh dalam cerita rakyat pada siswa kelas kelas X - 1 SMA Pasundan 3 Bandung . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretest dengan nilai posttest, diketahui t hitung 24,3 > t tabel 2,14 . Kata kunci: Pembelajaran, menemukan , hal - hal menarik , tokoh , cerita rakyat, learning starts with a question