PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Peserta CGPI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 – 2013)

Main Author: Mokh Dhani Garnadi, 104020177
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11714/1/1%20-%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11714/2/4%20-%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11714/3/10%20-%20SKRIPSI%20BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11714/4/11%20-%20SKRIPSI%20BAB%20II%20.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11714/5/15%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11714/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan CGPI yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Leverage ( ) dan ukuran perusahaan ( ) sebagai variabel independen serta manajemen laba (Y) sebagai variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan CGPI yang terdaftar di BEI selama periode 2010-2013 yang berjumlah 33 perusahaan. Sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan CGPI yang menjadi sampel. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Uji Hipotesis (wald test), dan Uji Regresi Logistik. Berdasarkan analisis statistik diperoleh hasil uji wald secara parsial Leverage (DAR) memiliki nilai sig yang sangat signifikan (0,961) dan Ukuran Perusahaan (LnTotalAsset) memiliki nilai sig yang signifikan (0,863). Hasil menunjukan bahwa peluang perusahaan melakukan manajemen laba dengan metode income increasing dan income decreasing pada perusahaan CGPI secara signifikan dipengaruhi oleh leverage dan ukuran perusahaan. Kata kunci: Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba.