Daftar Isi:
  • RINGKASAN Penelitian ini berjudul ”FENOMENA FASHION HIJAB PADA KALANGAN REMAJA DI KOTA BANDUNG”. Penelitian ini difokuskan untuk memahami fenomena fashion hijab di kalangan mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena ini bisa sangat berkembang di kalangan remaja kota Bandung yang sasarannya sebagai salah satu objek fenomena fashion hijab masa kini. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi oleh Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan berprasentra, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, fenomena fashion hijab sampai saat ini merupakan salah satu ajang yang sangat prestise dan dapat mengundang banyak animo dari masyarakat sebagai salah satu market dari berbagai brand dalam meningkatkan perkembangan wanita muslim yang aktif dan kreatif. Setelah melakukan penelitian tentang fenomena fashion hijab, peneliti memberikan pandangan terhadap kemajuan dunia fashion yang sekarang sudah menjadi salah satu life style di kalangan masyarakat dan apa saja fenomena-fenomena yang bisa terjadi dalamnya. Dan semoga dengan adanya pembahasan ini, fashion hijab dapat lebih mengembangkan karya-karyanya agar dapat mengajak wanita-wanita yang belum berhijab menjadi tertarik mengenakan hijab, baik secara langsung maupun tidak langsung.