PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA P ELAJARAN IPS MATERI LETAK RUMAH ( Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas 1 SDN Purwamekar 1 Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang)

Main Author: TATIKAH AYUNINGTIYA, 1 25060321
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11667/1/Cover%20SKRIPSI%20AYUU.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11667/2/abtrak%20indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11667/3/abtrak%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11667/4/BAB%20I%20TATIKAH.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11667/5/BAB%20II%20TATIKAH.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11667/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20seluruh.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11667/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas I terhadap pembelajaran IPS pada materi letak rumah yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa ingin tahu partisipasi da n hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil p enelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes . Hasil postes siklus I menunjukkan dari hasil belajar siswa berjumlah sebesar 30,4 % . Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100 %, terjadi peningkatan sebesar 59,6 % dari hasil postes siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian rasa ingin tahu siswa yang menyatakan dirinya aktif i dalam b elajar pada siklus I yaitu 52,5 %. Pada siklus II 100 % siswa menyatakan dirinya ber peran aktif dalam belajar. Artinya adanya peningkatan rasa ingin tahu yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan men ggunakan model pembelajan Inkuiri. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, si swa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran. Re spon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari hasil p ostes sikl us I dan postes siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 100 %, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci: Inkuiri , Rasa Ingin Tahu , Hasil Belaja r.