PEMBELAJAR AN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE OBSERVATION AND FEEDBACK PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 1 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | YASMIN NAJILA, 125030141 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11575/1/1.%20COVER%20SKRIPSI%20-%20Selesai.pdf http://repository.unpas.ac.id/11575/2/7.%20Abstrak%20-%20Indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/11575/3/8.%20ABSTRACT%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/11575/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11575/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11575/6/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11575/ |
Daftar Isi:
- vi ABSTRAK Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses memperoleh informasi . Strategi active observation and feedback merupakan cara menarik untuk menstimulasi pembelajaran yang aktif dan kreatif . Berkaitan dengan penjelasan di atas , penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Memproduksi Teks Ulasan Drama dengan Menggunakan Strategi Active Observation and Feedback pada Siswa Kelas XI MA Negeri 1 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) M ampukah penulis meren - canakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menulis teks ulasan drama dengan menggunakan strategi active observation and feedback pada siswa kelas XI MA Negeri 1 kota Bandung?; (2) M ampukah siswa kelas XI MA Negeri 1 kota Bandung memproduksi teks ulasan drama sesuai dengan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan teks ulasan dengan benar? ; (3) E fektifkah strategi active observation and feedback dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama pada siswa kelas XI MA Negeri 1 kota Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) p enulis mampu merencanakan, me - laksanaka n, dan menilai pembelajaran mem produksi teks ulasan drama dengan menggunakan strategi active observation and feedback pada siswa kelas XI MA N egeri 1 K ota Bandung ; (2) s iswa kelas XI MA Negeri 1 kota Bandung mampu memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan strategi active observation and feedback ; (3) s trategi pembelajaran a ctive observation and feedback sangat efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama pada siswa kelas XI MA Negeri 1 kota Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre - Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah studi pustaka, ob - servasi dan wawancara, uji coba, tes, dan analisis. Adapun simpulannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mem - produksi teks ulasan drama dengan menggunakan strategi active observation and feedback pada siswa kelas XI IIK - A MA Negeri 1 Kota Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian p erencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan adalah 3.88 dan termasuk kategori sangat baik (A). kemudian hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran yaitu 3 .79 dengan kategori sangat baik (A ) 2. Peserta didik kelas XI IIK - A MA Negeri 1 Kota Bandung mampu memproduksi teks ulasan drama. Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretes dan postes. Nilai rata - rata pretes yaitu 2.00, sedangkan nilai rata - rata postes 3.23 . Jadi selisih nilai rata - rata pretes dan postes yaitu 1.23, atau dengan kenaikan presentase 4,7%. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan menulis peserta didik kelas XI IIK - A MA Negeri 1 Kota Bandung mengalami peningkatan. 3. Strategi active observation and fe edback efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama pada peserta didik kelas XI MA Negeri 1 Kota Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung ≥ t tabel (12.6 ≥ 2, 43) pada tingkat kepercayaan 95% dan d . b sebesar 25. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Memproduksi, Ulasan Drama, Strategi, Active Observation and feedback