PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAl

Main Author: PUTRI RIDHA FERNANDA, 125060087
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11516/2/7%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11516/1/1.%20cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11516/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11516/4/BAB%20II-1.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11516/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11516/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan unt uk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi masalahsosial di lingkungansetempat pad a siswa kelas IV SDN Rancaating 01 dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning . Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rancaating 01 Kabupaten Bandung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus , setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan . Subjek penelitia n sebanyak 19 orang yang terdir i dari 9 siswa laki - laki dan 10 siswa perempuan. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sa ngat baik untuk motivasibelajar yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendap atkan nilai di atas KKM yaitu 65 . Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang d itetapkan. Pada siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai 55 , 5 % dan p ada siklus I I mengalami peningkatan yaitu seb anyak 8 8 , 8 % . Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentas e siswa yang tuntas sebesar 42,10 % dan p ada siklus II men galami peningkatan sebanyak 100% . Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang p ositif terhadap pembelajaran IPS dengan menerapkan model Discovery Learning , karena m odel Discovery Learning ini berpusat pada siswa dimana siswa dapat mengemba n gkan pengetahuan berpikir yang telah mereka miliki maupun pengetahuan baru untuk memahami masalah dalam kehidupa n nyata yang diaplikasikan denga n pembelajaran yang berlangsung . Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPS dap at meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalahsosial di lingkungansetempat di kelas IV SDN Rancaating 01 Kabupaten Bandung . Kata Kunci: model Discovery Learning , motivasibelajar , hasil belajar, pembelajaran IPS .