PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 12 BANDUNG

Main Author: FAHMI ALMAARIF, 125020056
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11463/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11463/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11463/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11463/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11463/5/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11463/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata nilai yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di SMAN 12 Bandung. Pada penelitian ini dapat diketahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan manajemen dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengolahan data secara kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest berbentuk soal pilihan ganda. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, analisis gain, serta uji-t dengan uji dua pihak. Berdasarkan analisis data bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran mind mapping memiliki rata-rata pretest 46,2% (rendah) sedangkan nilai rata-rata posttest 78,4% (tinggi) sehingga dapat diasumsikan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran mind mapping mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan didapatkan t¬hitung ¬sebesar 18,3 sedangkan t¬tabel¬ sebesar 2,75. Sehingga bila dimasukan pada rumus hipotesis t¬hitung ¬> t¬tabel¬, sehingga H¬0¬ ditolak dan H¬1 diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil terdapat penigkatan hasil belajar siswa kelas X Lintas Minat Ekonomi C yang menggunakan media pembelajaran mind mapping. Dari hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan sebaiknya dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi. Kata Kunci : Media Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa