PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM TEKS ULASAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN M ODEL TEAM ASSITED INDIVIDUALLY PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Chintya Bayu Lestari, 125030034
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11455/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11455/2/7.%20ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11455/3/8.%20ABSTRACK%20ENGLISH.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11455/4/11.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11455/5/12.%20BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11455/6/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11455/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran adalah suatu proses untuk mengubah perilaku individu dalam pendi - dikan. Teks ulasan drama adalah hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pemen - tasan drama. Model team assited individually adalah model pembelajaran untuk meng - adapatasi pembelajaran terhadap perbedaan individual. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama dengan menggunakan model team assited indi - vidu ally . Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama meng - gunakan model team assited individually pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung; (2) mampukah peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Bandung mengikuti pembelajaran meng - interpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama menggunakan model team assited individually ; (3) efektifkah model pembelajaran team assited individually diterap - kan dalam pem belajaran menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan dra - ma pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasila n penulis, kemampuan siswa, dan keefektifan model team assited individualy pada siswa kel as XI SMA PGRI 1 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama meng - gunakan model team assited individually pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung ; (2) peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Bandung mampu melaksanakan pembelajaran menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama menggunakan model team assited individually ; (3) model team assited individually efektif dalam pembelajaran mengi nterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data telaah pustaka, teknik uji coba, teknik tes, teknik analisis. A dapun hasil penelitian sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan menilai pembelajaran menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama dengan menggunakan model team assited indi - vidually pada siswa SMA PGRI 1 Bandung. Hal ini dibuktikan den gan dari hasi l nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,73. 2. Siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung mampu menginterpretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama . Hal ini dibuktikan dari nilai rata - rata pretest 2,20 dan posttest 3,21. Jadi, ada peningkatan sebesar 1,01 atau setara dengan 4,39% 3. Model team assited individually efektif digunakan dalam pembelajaran menginter - pretasi makna yang terkandung dalam teks ulasan drama pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhi tungan statistik dengan hasil t hitung 10,1 >t tabel 2,0 6 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 22. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang pe - nulis rumuskan dalam penelitian dapat diterima . Kata kunci: Pembel ajaran, Menginterpretasi Makna, Teks Ulasan Drama, Model Team Assited Individually