PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUA N KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SM A
Main Author: | JUJU NURFITRI, 1 2 50500 69 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11414/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/11414/2/7%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/11414/3/8%20ABSTRAK%20bahasa%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/11414/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11414/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11414/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11414/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran . Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematis secara lisan dan tulisan. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teac hing . Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Konvensional , dan untuk mengetahui siswa yang bersikap positif terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kela s X SM A Pasundan 2 Bandung dan sampel diambil sebanyak dua kela s yaitu kelas X - 5 dan X - 6 . Indikator kemampuan komunikasi matem a tis yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) Menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika , 2) Menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan atau tulisan dengan benda nyata, gambar grafik dan aljabar , 3) Menyatakan peristiwa sehari - hari dalam bahasa atau symbol matematika . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket skala sikap siswa terhadap pem belajaran menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching . Berdasarkan analisis data hasil penelitain menggunakan SPSS versi 2 3 .0 for W indows , bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mengg unakan pembelajaran Konvensional . Berdasarkan angket yang diberikan pada kelas eksperimen, diperoleh informasi bahwa sikap siswa positif terhadap model pembel a jaran Reciprocal Teaching . Oleh karena itu, pembelajaran dengan men ggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci : Reciprocal Teaching , Komunikasi Matematis