MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung )
Main Author: | HIDAY, 125060235 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/11405/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/ |
ctrlnum |
11405 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11405/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA MELALUI 
MODEL DEMONSTRASI 
DALAM PEMBELAJARAN IPS 
PADA MATERI 
PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN 
KEMERDEKAAN
(Penelitian Tindakan Kelas
Di 
Kelas V SDN Kopo Elok
Kecamatan Babakan 
Ciparay
Kota Bandung
)</title><creator>HIDAY, 125060235</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian
ini 
dilatar belakangi 
oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas 
V SDN Kopo Elok Kota Bandung yang menujukkan kurangnya hasil belajar peserta 
didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar peserta 
didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yan
g kurang efektif. Metode yang 
digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan 
kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena 
peserta didik hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan gu
ru 
sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat 
dijadikan alternatif untuk meningkatkan 
hasil 
belajar adalah model pembelajaran
demonstrasi 
.Model pembelajaran demonstrasi merupakan
metode 
mengajar 
dengan cara memperagaka
n bara
ng, kejadian, aturan dan urutan 
melakukan 
kegiatan, baik secara lan
gsung maupun melalui penggunaan 
media pengajaran yang 
relevan dengan p
okok bahasan atau materi yang sedang disajikan
,
inovasi 
pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik 
memahami teori 
secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik
-
empirik. Model pembelajaran 
ini bertujuan untuk meningkatkan 
hasil
belajar peserta didik mengenai 
perjuangan 
mempertahankan 
dalam pembelajaran IPS, selain itu penggunaan pembelajaran 
demonst
rasi berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan 
hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini 
adalah peningkatan hasil b
elajar peserta didik dari hasil pretes
sampai pelaksanaan 
postes siklus I
dari yang mencapai KKM 48,28% dan yang tidak mencapai KKM 
adalah 55,18
dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil 
pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik 
yang mencapai KKM sebanyak 
85,36%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu 
aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi 
karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Deng
an demikian 
model pembelajaran demonstrasi selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta 
didik dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci: 
Demonstrasi 
,
Hasil Belaja
r.</description><date>2016-09-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> HIDAY, 125060235 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11405</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HIDAY, 125060235 |
title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA MELALUI
MODEL DEMONSTRASI
DALAM PEMBELAJARAN IPS
PADA MATERI
PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN
KEMERDEKAAN
(Penelitian Tindakan Kelas
Di
Kelas V SDN Kopo Elok
Kecamatan Babakan
Ciparay
Kota Bandung
) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/11405/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/11405/ |
contents |
Penelitian
ini
dilatar belakangi
oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas
V SDN Kopo Elok Kota Bandung yang menujukkan kurangnya hasil belajar peserta
didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar peserta
didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yan
g kurang efektif. Metode yang
digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena
peserta didik hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan gu
ru
sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat
dijadikan alternatif untuk meningkatkan
hasil
belajar adalah model pembelajaran
demonstrasi
.Model pembelajaran demonstrasi merupakan
metode
mengajar
dengan cara memperagaka
n bara
ng, kejadian, aturan dan urutan
melakukan
kegiatan, baik secara lan
gsung maupun melalui penggunaan
media pengajaran yang
relevan dengan p
okok bahasan atau materi yang sedang disajikan
,
inovasi
pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik
memahami teori
secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik
-
empirik. Model pembelajaran
ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil
belajar peserta didik mengenai
perjuangan
mempertahankan
dalam pembelajaran IPS, selain itu penggunaan pembelajaran
demonst
rasi berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini
adalah peningkatan hasil b
elajar peserta didik dari hasil pretes
sampai pelaksanaan
postes siklus I
dari yang mencapai KKM 48,28% dan yang tidak mencapai KKM
adalah 55,18
dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil
pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik
yang mencapai KKM sebanyak
85,36%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu
aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi
karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Deng
an demikian
model pembelajaran demonstrasi selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci:
Demonstrasi
,
Hasil Belaja
r. |
id |
IOS3183.11405 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-09-24T05:07:08Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044889648201728 |
score |
17.538404 |