MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung )

Main Author: HIDAY, 125060235
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/11405/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/
ctrlnum 11405
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/11405/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR&#xD; SISWA MELALUI &#xD; MODEL DEMONSTRASI &#xD; DALAM PEMBELAJARAN IPS &#xD; PADA MATERI &#xD; PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN &#xD; KEMERDEKAAN&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas&#xD; Di &#xD; Kelas V SDN Kopo Elok&#xD; Kecamatan Babakan &#xD; Ciparay&#xD; Kota Bandung&#xD; )</title><creator>HIDAY, 125060235</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian&#xD; ini &#xD; dilatar belakangi &#xD; oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas &#xD; V SDN Kopo Elok Kota Bandung yang menujukkan kurangnya hasil belajar peserta &#xD; didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar peserta &#xD; didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yan&#xD; g kurang efektif. Metode yang &#xD; digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan &#xD; kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena &#xD; peserta didik hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan gu&#xD; ru &#xD; sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat &#xD; dijadikan alternatif untuk meningkatkan &#xD; hasil &#xD; belajar adalah model pembelajaran&#xD; demonstrasi &#xD; .Model pembelajaran demonstrasi merupakan&#xD; metode &#xD; mengajar &#xD; dengan cara memperagaka&#xD; n bara&#xD; ng, kejadian, aturan dan urutan &#xD; melakukan &#xD; kegiatan, baik secara lan&#xD; gsung maupun melalui penggunaan &#xD; media pengajaran yang &#xD; relevan dengan p&#xD; okok bahasan atau materi yang sedang disajikan&#xD; ,&#xD; inovasi &#xD; pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik &#xD; memahami teori &#xD; secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik&#xD; -&#xD; empirik. Model pembelajaran &#xD; ini bertujuan untuk meningkatkan &#xD; hasil&#xD; belajar peserta didik mengenai &#xD; perjuangan &#xD; mempertahankan &#xD; dalam pembelajaran IPS, selain itu penggunaan pembelajaran &#xD; demonst&#xD; rasi berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian &#xD; menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan &#xD; hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini &#xD; adalah peningkatan hasil b&#xD; elajar peserta didik dari hasil pretes&#xD; sampai pelaksanaan &#xD; postes siklus I&#xD; dari yang mencapai KKM 48,28% dan yang tidak mencapai KKM &#xD; adalah 55,18&#xD; dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil &#xD; pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik &#xD; yang mencapai KKM sebanyak &#xD; 85,36%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu &#xD; aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi &#xD; karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Deng&#xD; an demikian &#xD; model pembelajaran demonstrasi selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta &#xD; didik dalam pembelajaran IPS.&#xD; Kata Kunci: &#xD; Demonstrasi &#xD; ,&#xD; Hasil Belaja&#xD; r.</description><date>2016-09-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/11405/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> HIDAY, 125060235 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>11405</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HIDAY, 125060235
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Kopo Elok Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung )
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/11405/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/11405/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas V SDN Kopo Elok Kota Bandung yang menujukkan kurangnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar peserta didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yan g kurang efektif. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena peserta didik hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan gu ru sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran demonstrasi .Model pembelajaran demonstrasi merupakan metode mengajar dengan cara memperagaka n bara ng, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara lan gsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan p okok bahasan atau materi yang sedang disajikan , inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik - empirik. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai perjuangan mempertahankan dalam pembelajaran IPS, selain itu penggunaan pembelajaran demonst rasi berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil b elajar peserta didik dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dari yang mencapai KKM 48,28% dan yang tidak mencapai KKM adalah 55,18 dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 85,36%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Deng an demikian model pembelajaran demonstrasi selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: Demonstrasi , Hasil Belaja r.
id IOS3183.11405
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-09-24T05:07:08Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:15Z
recordtype dc
_version_ 1766044889648201728
score 17.538404